Jumat, 05 Juni 2009

TENTANG TUJUAN

TENTANG TUJUAN

Sering banget aq denger, "lagi bete ni, bosen"..Tadinya aq pikir ini terjadi karena emang cuma lagi bosen aja (untuk beberapa alasan fisiologis bisa dibenarkan). Tpi ketika aq liat2 keliatannya ga cuma alasan ini aja yang ngebuat banyak dari antara kita yang bosen n bete sama beberapa hal yang kita lakuin.. Menurutku salah satu alasn kenapa kita sering BeTe atau bosen ngelakuin sesuatu adalah ketika kita kehilangan TUJUAN, atau yang lebih buruk lagi GAK PUNYA TUJUAN.. Kalo dipikir2, jelas banget implikasinya ke kehidupan sehari-hari..Tanpa tujuan aktivitas yang kita jalanin pasti kaya rutinitas basi yang ngebosenin, n tinggal nunggu waktu akhirnya kita tinggal tu aktivitas ga penting..Visi tanpa misi adalah mimpi, sedangkan misi tanpa visi adalah kuli..masa kita mau ngelakuin sesuatu tanpa tujuan yang jelas?? Capek2 belajar, tapi pas ditanya cita2 mau jadi apa, jawabnya "liat aja nanti" atau "let it flow aja", kan sayang banget..Udah kuliah buang2 duit pas ditanya nanti lulus mau kemana, jawabnya "nikmati aja dulu"..Jelas aja kalau masa2 "ENJOY" yang kita lewati sebenarnya adalah masa2 yang membosankan banget..Coba kita bayangkan ke sentral dari masalah ini, tentang TUJUAN..Sekarang aq tanya:
"APA TUJUAN HIDUP SAUDARA??", pasti pada bingung kan.. Kalo aq tanya agak maksa, pasti ada jawaban yang rada2 "muna"..Mau berbagi, mau berbuat baik, mau berbuat amal, de el el..Itu mah jawaban yang di-indoktrinasi dari kecil, bukan tujuan yang km temukan sendiri dalam perjalananmu.. Jelas aja basi, tujuan hidupmu aja cuma slogan, pantes ga dilakuin..Kalo mau kehidupan lebih terstruktur, punya arah, manajemen yang jelas dan gak ngebosenin,menurutku dari sekarang coba rancang sendiri tujuan hidup temen2..Jangan sok2 muna pake kalimat2 orang2 tua, coba analisis sendiri, nah abis itu rancang sendiri tujuan hidup temen2 menurut skala prioritas..Apa yang paling temen2 butuh, temen2 perlu dan yang paling pengen temen2 capai.. Nah, dari situ bikin strategi untuk mencapai visi ini, strategi jangka pendek dan jangka panjang..jangan ngawur2 bikin strateginya, tapi bikin dengan baik2 n gunakan prinsip vektor (ketika vektor meleset 1 derajat di titik aceh, itu artinya meleset ratusan ribu kilometer di Papua), sedikit perubahan pada arah laju Satelit Mariner, maka dia tidak akan pernah mencapai Mars. Gunakan perubahan sedikit demi sedikit dan kamu akan melihat hasilnya..Semoga membantu keluar dari kebosanan (atau malah bosen baca ini tulisan, hehe)

0 komentar:

Posting Komentar