Sabtu, 19 Juni 2010

KARENA ANDA BERHARGA


Karena anda berharga
S
iapapun anda saat ini, dengan cara apapun anda ada di dunia ini, mengucap syukurlah jika Anda bisa menjadi sebagaimana Anda ada sekarang. Anda bisa ada disini karena telah melewati proses yang sangat kompleks dan rumit, hingga “menciptakan” Anda yang ada sekarang. Mungkin Anda seorang yang tinggi, pendek, tampan, cantik, biasa saja atau bahkan menurut Anda, sekarang Anda terlalu inferior dan tidak pantas berada disini.


Mungkin ada yang lahir dari keluarga berada, sehingga secara finansial semua kebutuhan ada tercukupi, namun orang tua Anda jarang sekali di rumah dan berbincang-bincang dengan Anda. Mungkin ada yang lahir dari keluarga tidak punya, sehingga untuk makan hari inipun merupakan anugrah yang luar biasa. Mungkin ada yang dari keluarga rukun, sehingga semua terlihat indah, Anda menikmati apa yang Anda jalani sekarang. Mungkin ada yang dari keluarga yang telah terpecah belah, sehingga hidup benar-benar tidak adil bagi Anda. Mungkin ada yang beranggapan dunia sangat baik, mungkin ada yang beranggapan TUHAN tidak adil.
Pengalaman masa lalu telah membentuk kita sedemikian rupa, sehingga kita memandang diri kita seperti sekarang ini. Jika dulu kita sering dibilang “bodoh” maka sangat besar kemungkinan kita menjadi bodoh. Jika kita sering dibanding-bandingkan “kog kakak kamu lebih cantik, putih, tinggi, pintar,bla bla bla, kog kamu nggak seperti kakak kamu?”, maka sangat wajar jika kita menjadi rendah diri.
Orang tua generasi sekarang mendidik anaknya dengan membawa referensi dari generasi sebelumnya. Disiplin adalah memukul, menampar, menghukum. Mencintai bahkan mungkin sudah tidak ada dalam kamus beberapa orang tua. Beban para dewa diletakkan dalam pundak anaknya. Anak harus mendapat nilai sempurna, berkelakuan baik, dan tidak memiliki cacat, atau orang tua akan memarahi mereka, tidak ada lagi kata grace (kasih karunia).
Disiplin (versi keras) mungkin bisa membentuk perilaku anak, tapi akan menghancurkan anak ini lebih dalam. Anak anda mungkin penurut di dalam rumah, tapi dia melakukan apa yang Anda tidak kira di luar rumah. Keluarga tanpa grace adalah neraka dunia.
Siapa Anda tida ditentukan apa yang orang lain katakan terhadap Anda. Bahkan sekalipun mereka adalah orang tua Anda sendiri. Orang tua mungkin melihat apa yang Anda lakukan, sehingga menentukan sikap Anda sekarang. Namun sikap Anda bukanlah Anda yang sesungguhnya. Karena orang tua mengatakan “kamu bodoh”,kita menggenapi perkataan mereka dengan “menjadi bodoh”. Apa yang kamu punya, apa yang kamu mampu lakukan, akan menentukan siapa kamu, kata banyak orang di dunia.
Apa karena seseorang anak umur 4 tahun menjatuhkan kopi ke meja, maka dia adalah anak bodoh? Apa seorang yang mencuri ayam hanya untuk makan hari ini adalah orang jahat? Apa seorang yang terpaksa membobol bank karena istrinya kanker dan butuh pengobatan adalah orang jahat? Apakah orang dengan pakaian serba putih di tempat religius adalah orang baik? Apakah pemuka agama yang menuding-nuding para orang berdosa (seakan dia tidak berdosa) adalah orang baik? Tidak semua orang di dalam penjara adalah orang jahat, mungkin beberapa orang baik terjebak situasi disana, dan tidak semua orang di tempat religius adalah orang baik, bahkan banyak hipokrit disana.
Anda berharga karena apa yang Anda punya. Bukan Apa yang Anda lakukan menentukan siapa Anda. Siapa Anda, menentukan Apa yang Anda lakukan. Keluarga, Lingkungan, Teman atau siapapun yang pernah merusak kehidupan Anda, maafkanlah mereka, dan jadilah diri Anda. Jangan bawa identitas dan hasil pengrusakan mereka dalam hidup kita. Lepaskanlah, dan jadilah diri Anda yang seutuhnya.
Apa karena Anda menyuntik seseorang Anda adalah seorang dokter? Atau apakah karena Anda seorang dokter, maka Anda menyuntik seseorang? Bukan Apa yang Anda lakukan, tapi SIAPA ANDA!

3 komentar:

  1. kyknya gw inget ini kak,persis kyk gw ya...

    BalasHapus
  2. iya Des..kog persis ya??hehe

    semua kesamaan tokoh, kejadian dan peristiwa adalah ketidak sengajaan.. :P

    BalasHapus
  3. hhmmm kaget lho kak aku bacanya, persis gitu..haha
    i'm precious..itu yg slalu gw sebut pas bangun tidur :D

    BalasHapus