Selasa, 16 Mei 2017

Pilihlah Untuk Memilih

Dalam dunia yang begitu cepat, begitu banyak tuntutan, begitu banyak tekanan, begitu banyak hal yang menjadikan kita mungkin saja merasa kelelahan.Kelelahan demi kelelahan ini tampak dari kalimat yang sering kita dengar, "hidup itu mengalir saja", atau "go with the flow", atau "kita jalani dulu aja". Ekspresi pasrah dan ketidakberdayaan ini muncul dari kelelahan dan keengganan dalam memilih. Entah pasrah atau hilang arah dalam menjalani hidup.

Saran seperti ini semakin sering terdengar terutama saat banyak hal yang menumpuk, ketika stres telah mencapai titik jenuh, ketika permasalahan menjadi begitu banyak. Muncullah pula ke permukaan kalimat dari banyak orang "jalani saja". Mungkin untuk sejenak hal ini baik, karena memang banyak hal yang diluar kendali kita, ada banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan, sehingga tidak banyak yang bisa kita lakukan kecuali menunggu. Namun kalimat ini pula yang menjadikan kita menutup diri dari hal hal yang sebenarnya bisa kita ubah, menjauhkan diri dari apa yang bisa kita lakukan, menyerah akan sesuatu yang bisa kita capai. Termasuk mengubah rasa sakit menjadi bahagia, mencapai kedamaian dan meraih ketenangan. 

Selalu akan ada pilihan. Antara sebuah kejadian yang kita alami dan respon yang kita lakukan, ada sebuah ruang kosong. Dan ruang kosong itu adalah respon kita, pilihan kita. Kita bisa memilih untuk merasakan kesedihan, membesar besarkannya, fokus terhadapnya, menerimanya, menyangkalnya, memusuhinya, atau mencintainya. Pilihan respon kitalah yang menentukan apa yang sebenarnya akan kita lakukan, dan pilihan kita tersebut mencerminkan sekali siapa sebenarnya kita.

Kita tidak bisa memilih tentang apa yang sudah terjadi, tidak pula bisa memilih akan apa yang diluar kendali, namun kita mampu memilih respon kita. Bukan membiarkan perasaan ini hanya sekedar mengalir, namun juga memilih. Memilih apa yang baik, memilih apa yang benar. Karena kita adalah apa yang kita pilih.

Salam sadar



“We are our choices.”
Jean Paul Sartre

0 komentar:

Posting Komentar