Rabu, 21 Februari 2018

Indigo, Spesial atau Bencana?

Anak-anak Indigo, menurut konsep New Age yang pseudoscience, adalah anak-anak yang diyakini memiliki sifat atau kemampuan istimewa, tidak biasa, dan supernatural. Konsep anak indigo mendapat minat dengan terbitnya serangkaian buku populer di akhir tahun 1990an dan beberapa film pada dekade berikutnya. Berbagai buku, konferensi dan materi terkait telah diciptakan seputar keyakinan akan gagasan anak indigo dan sifat dan kemampuan mereka. Penafsiran keyakinan ini berkisar dari tahap berikutnya dalam evolusi manusia, dalam beberapa kasus memiliki kemampuan paranormal seperti melihat makhluk halus, telepati, dengan keyakinan bahwa mereka lebih berempati dan kreatif daripada rekan-rekan mereka.


Apa kata dunia kedokteran terhadap indigo? Tidak ada satupun penelitian ilmiah yang memberi kredibilitas terhadap keberadaan anak indigo. Namun hal yang menarik adalah, beberapa anak dianggap indigo oleh orang tuanya, sementara anaknya sendiri telah didiagnosis dengan gangguan perkembangan/belajar namun dilain pihak orang tua berusaha untuk percaya bahwa anak-anak mereka spesial. Hal ini bisa dilihat sebagai cara-cara irasional agar orang tua menghindari perawatan anak atau diagnosis psikiatri. Sifat-sifat yang digunakan untuk menggambarkan anak-anak indigo juga tidak bisa diperatanggung jawabkan karena sifat indigo yang digambarkan sangat samar sehingga dapat diterapkan pada hampir semua orang, suatu bentuk efek Forer.

Beberapa hal sering digambarkan oleh anak indigo, berupa kemampuan supranatural untuk melihat makhluk halus. Hal ini bisa dianggap sebagai halusinasi penglihatan, sebuah tanda adanya gangguan neuropsikiatri. Beberapa hal bisa menjadi penyebab halusinasi penglihatan ini, epilepsi, gangguan bipolar, psikosis, dan berbagai macam diagnosis lain yang kesemuanya membutuhkan perawatan medis. Kepercayaan yang irasional akan adanya makhluk yang mengganggu, ditambah halusinasi memang terkadang terasa sangat nyata bagi pasien ini, ini adalah kelainan di bidang neuropsikiatri, ada masalah dalam persarafan anak ini. Sayangnya, lebih mudah bagi masyarakat kita untuk menganggap bahwa anak indigo ini special, atau ini merupakan gangguan jin, ketimbang menerima realita bahwa anak ini sakit dan membutuhkan perawatan medis.

Epilepsi tidak harus berbentuk kejang kelojotan, banyak sekali bentuk epilesi. Beberapa diantaranya mengembangkan gangguan psikiatri, halusinasi, delusi/waham, bahkan gangguan kepribadian dan perilaku. Epilepsi tidak selalu muncul dalam EEG, hasil yang negatif pada EEG tidak menggagalkan diagnosis epilepsi. 70% epilepsi berespon sangat baik dengan pengobatan anti epilepsi. Jadi sangat disayangkan anak anak “indigo” ini dibiarkan tanpa pengobatan dan dibiarkan dengan penyakitnya. Seorang orang tua tentunya akan sangat kasihan dengan anaknya jika demam, dan ingin demam anaknya segera berakhir. Bagaimana dengan indigo? Adakah kamu ingin anak itu sembuh??

Indigo bukan keistimewaan, indigo adalah gambaran gangguan yang perlu ditangani secara medis

Salam Sadar

0 komentar:

Posting Komentar